analisa IRobot

“I, Robot”
Sebuah film yang diangkat dari cerita pendek Isaac Asimov yang menceritakan tentang kehidupan ditahun 2035 dimana pada tahun ini kemajuan sudah sangat tinggi. I robot sendiri mempunyai kepanjangan Intelence Robot dimana film ini menceritakan sebuah robot yang sudah memiliki intelensi atau kemampuan berpikir layaknya seorang manusia, dimana pada dasarnya pada robotika sendiri berdiri suatu hukum dimana :
1. Robot tidak boleh melukai manusia, atau dengan berdiam diri, membiarkan manusia menjadi celaka (A robot may not injure a human being or, through inaction, allow a human being to come to harm).
2. Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia kecuali bila perintah tersebut bertentangan dengan Hukum Pertama (A robot must obey orders given to it by human beings except where such orders would conflict with the First Law).
3. Robot harus melindungi keberadaan dirinya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan Hukum Pertama atau Hukum Kedua (A robot must protect its own existence as long as such protection does not conflict with the First or Second Law).
Belakangan, Asimov menambahkan Hukum Ke-Nol:
Robot tidak boleh mencelakakan umat manusia, atau dengan berdiam diri, membiarkan umat manusia menjadi celaka (A robot may not harm humanity, or, by inaction, allow humanity to come to harm).

Tetapi pada perkembangannya robot ini malah berusaha untuk menguasai manusia dimana pusat dari sumber perintah merupakan suatu jaringan saraf buatan untuk mengontrol seluruh robot NS-5, hanya ada satu robot yang tidak bisa dikontrol oleh pusat, dikarenakan robot ini dibuat beda oleh Dr. Miles Hogenmiller yang bekerja pada perusahaan U.S Robotics karena Dr. Miles sadar bahwa ada kesalahan dalam jaringan pusat, setelah mengetahui pusat dari perintah dari robot itu adalah sebuah jaringan saraf buatan, maka will smith selaku pemain utama dalam film ini berusaha menghancurkan unit pusat dibantu dengan Dr. Susan Calvin(Bridget Moynahan) dan NS5 spesial dari Dr. Miles

“http://id.wikipedia.org/wiki/Tiga_Hukum_Robot”

Tinggalkan komentar